Indonesia U-16

JAKARTA, (PRLM).- Penyebab kegagalan timnas U-16 di ajang Piala AFF 2010 di Solo, Jateng, dinilai Ketua Umum PSSI Nurdin Halid karena kurangnya jam terbang sebab minimnya uji coba internasional dan belum diterapkannya pelatihan standar.
Sementara lawan-lawan mereka diajang AFF kemarin dianggap sudah mempersiapkan diri lama kendati secara kualitas semua peserta berimbang. “Dari segi skill kita tidak jauh berbeda dengan tiga negara lainnya, hanya dari segi teknik dan taktik yang perlu ada terobosan,” ujar Nurdin di PSSI, Senayan, Jakarta, Senin (27/9).
Minimnya uji coba internasional, kata Nurdin membuat mereka tidak termotivasi dan percaya diri saat tampil di lapangan. “Ini harus diakui dan tidak bisa menjadi alasan, karena memang kita belum melaksanakan pelatihan standar. Ini bisa dilihat dari klub hingga timnas sendiri belum ada penerapan sport science. Sebaliknya, seperti Timor Leste sudah melakoni pemusatan latihan di Korsel selama empat tahun.”
“Kami sudah melakukan evaluasi langsung untuk faktor teknis ketika mereka tiba di Batu kemarin, bukan hanya pemain, namun pelatih dan para perangkatnya juga kami evaluasi. Pasalnya ketidaksiapan kita juga menjadi salah satu evaluasi,” ungkap Nurdin.
Untuk evaluasi faktor non teknis baru akan dibicarakan Rabu (29/9) nanti. Termasuk masalah untuk keberangkatan menuju Piala AFC di Uzbekistan pada 27 Oktober mendatang. “Selain evaluasi kemarin, juga akan dibahas masalah keberangkatan nanti serta masalah uji coba,” katanya.
Untuk mengatasi masalah uji coba tersebut sebagai persiapan di Piala AFC mendatang, menurut Nurdin, timnas U-16 akan diberangkatkan lebih awal agar para pemain bisa melakukan uji coba di Uzbekistan sebelum berlaga di AFC. “Sebelumnya, kami sudah melobi Malaysia untuk mau datang ke Batu, Malang untuk melakoni uji coba dengan timnas dalam waktu dekat ini. Sedangkan sebagai persiapan tambahan, mereka akan diberangkatkan lebih cepat untuk melakoni uji coba disana dengan tim yang lebih tinggi, di atas U-16,” tutur Nurdin menambahkan. (A-161/A-26).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s