Pemain Naturalisasi

 KETURUNAN – Michael Elias Timisela, salah seorang pemain keturunan Indonesia yang kini terdaftar bersama Ajax Amsterdam, serta rencananya termasuk yang akan dinaturalisasi untuk memperkuat timnas. Foto:www.jpnn.com
JAKARTA – Badan Tim Nasional (BTN) sudah mengantongi lima nama pemain asing keturunan Indonesia dari Belanda, yang berpeluang untuk dinaturalisasi. Dalam waktu dekat, mereka disebutkan akan didatangkan ke Jakarta.

“Komposisi yang sudah ditemukan adalah dua striker, dua gelandang, dan satu pemain belakang. Mereka resmi kami undang datang ke Indonesia untuk tampil dalam laga persahabatan melawan Uruguay, pada 8 Oktober mendatang. Itu juga sebagai seleksi untuk rekrutmen mereka di timnas,” kata Sekjen PSSI Nugraha Besoes, ketika ditemui di kantornya kemarin sore.

Nugraha baru saja kembali dari negeri kincir angin, Belanda, bersama Ketua BTN Iman Arif, serta Alfred Riedl, pelatih timnas Indonesia. Kelima pemain Belanda berdarah Indonesia itu sendiri adalah Sergio van Dick (Adeleide United/striker), Jhon van Beukering (Go Ahead Eagles/striker), David Ririhena (Top Oss/belakang), Tom Heyley, serta Michael Timisela (Ajax Amsterdam/gelandang).

Menurut Nugraha, jika federasi sepak bola Belanda (KNVB) menyerahkan daftar lengkap plus biodata mereka secepatnya, PSSI akan langsung memproses mereka untuk dapat tampil bersama timnas pada laga uji coba nanti. “Kami akan mengirimkan surat permohonon izin kepada klub mereka masing-masing dan KNVB. Diharapkan mereka bisa datang ke Jakarta pada 6 Oktober mendatang,” lanjutnya.

Sementara itu, Ketua BTN Iman Arif menuturkan bahwa nama-nama tersebut kemungkinan besar akan direkrut. Tapi katanya, BTN masih menunggu konfirmasi KNVB, hingga akhir minggu ini. “Ini masih belum final. Tapi kemungkinan besar kelima pemain tersebut akan direkrut timnas. Kita tunggu data-data mereka datang dari KNVB dalam minggu ini. Finalisasinya nanti akan kami umumkan pada akhir minggu ini,” ujar Iman.

Mengenai naturalisasi jika kelima pemain tersebut lolos seleksi timnas, Nugraha mengungkapkan bahwa PSSI akan mengusahakan naturalisasi lima pemain asing keturunan Indonesia lewat jalur cepat. Pasalnya, kelima pemain Belanda yang memiliki garis keturunan Indonesia ini sudah berusia di atas 21 tahun.

“Mereka sudah memegang paspor Belanda. Kalau masih di bawah U-18 tahun masih bisa diusahakan memegang dua paspor, Belanda dan Indonesia. Dengan proses naturalisasi biasa, agak sulit untuk mengejar dimainkan di Piala AFF Desember mendatang. Makanya, kami mencoba naturalisasi dengan jalur “cepat”,” beber Nugraha.

Jalur cepat yang dimaksud Nugraha adalah memanfaatkan UU No. 12/2006 pasal 20. Di sana disebutkan, seseorang bisa dinaturalisasi jika memiliki keistimewaan, seperti berprestasi untuk negara. “Kami akan berjuang untuk masalah kewarganegaraan ini, agar bisa diproses dengan cepat. Kami bersandar untuk kepentingan nasional nantinya,” paparnya.

Menurut Nugraha, jika menggunakan jalur cepat ini, dibutuhkan peran serta aktif pemerintah, karena butuh persetujuan Presiden dan pertimbangan DPR. “Kelima pemain ini pada prinsipnya sudah setuju dengan penawaran kami. Kelimanya memang harus diakui memiliki kualitas di atas rata-rata, selain bentuk postur yang bagus dan tinggi,” jelasnya pula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s