Vietnam Juara AFF U16 Championship 2010

Timnas U-16 Vietnam akhirnya keluar sebagai juara AFF U-16 Championship 2010 setelah mengalahkan China dengan skor tipis 1-0 dalam laga final yang berlangsung di Stadion Manahan Solo, Minggu (26/9). Gol tunggal Vietnam dicetak oleh Nguyen Xuan pada menit ke-44.

Tim Vietnam yang dilatih oleh Hoang Van Phuc mampu menunjukkan keunggulan strategi atas tim China. Dang Anh Tuan dkk bermain sabar dan disiplin menunggu kelengahan tim China yang bermain lebih ofensif.

“ Kita tetap memainkan pola bertahan sambil menungu kesempatan melakukan serangan balik. Beruntung, kita bisa memanfaatkan kesempatan yang ada menjadi sebuah gol yang membawa kemenangan bagi Vietnam,” kata Hoang Va Phuc.

Hoang juga menyatakan timnya punya kebugaran lebih baik dibandingkan China. Pasalnya, Vietnam menyimpan tenaga pemain inti mereka saat melawan Timor Leste. Berbanding terbalik dengan China yang harus bermain habis-habisan saat memperebutkan tiket final melawan Indonesia.

“ Terus terang, kondisi fisik dan stamina pemain kami kurang cukup untuk tampil maksimal di laga final ini. Tapi kami tidak terlalu kecewa karena turnamen ini hanyalah persiapan jelang tampil di AFC U-16 Championship 2010. Selamat untuk Vietnam yang berhasil menjadi juara,” kata Zhang Ning, pelatih China.

Kedua kubu menyatakan rasa terima kasihnya kepada AFF dan PSSI yang telah menyelenggarakan AFF U-16 Championship 2010 di Solo. Pasalnya, ajang ini sangat berguna bagi persiapan mereka jelang AFC U-16 Championship 2010 bulan depan di Uzbekistan.

Sementara itu, AFF juga memberikan gelar tim fair play kepada Indonesia. Gelar ini sedikit menjadi penghibur atas hasil yang kurang bagus bagi Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s