Empat Tim Divisi I Lolos ke Putaran II

Empat tim, yakni Persin Sinjai, Persepar Palangkaraya, PSBS Biak dan Persigubin Gunung Bintang sudah memastikan lolos ke putaran kedua kompetisi Divisi I Liga Indonesia XVI-2010. Hal ini dimungkinkan karena terjadinya perubahan pada konfigurasi tim-tim peserta di penyisihan grup putaran pertama yang ditempati oleh Persin Sinjai, PSBS Biak dan Persigubin Gunung Bintang

Persin Sinjai yang menjadi tuan rumah penyisihan putaran pertama grup XI lolos mengingat hasil pertandingannya dengan Persepar Palangkaraya, Kamis (30/9) ini, sudah tidak berpengaruh lagi.

Hasil akhir pertandingan Persin Sinjai dan Persepar Palangkaraya hanya untuk menantukan siapa diantara keduanya yang menempati posisi pertama atau kedua. Baik Persin dan Persepar sebelumnya sama-sama merengkuh kemenangan atas Yahukimo FC. Hanya ada tiga tim di penyisihan grup XI ini, menyusul gagal berpartisipasinya Persikota Tidore Kepulauan, Maluku Utara.

Seperti diketahui, dua tim peringkat teratas pada setiap gruip putaran pertama ini lolos ke putaran kedua. Karena hanya diikuti oleh tiga peserta, maka Yahukimo FC dari Papua yang sudah mengalami dua kekalahan otomatis tersisih Dari penyisihan grup XII zone Papua yang digelar di Biak, tim tuan rumah PSBS Biak dan Persigubin Gunung Bintang Kamis ini juga akan menentukan posisi pertama atau kedua karena sudah sama-sama lolos ke putaran kedua. Lolosnya Biak dan Persigubin dipengaruhi gagal berpartisipasinya Persitoli Tolikara, sehingga penyisihan grup XII ini hanya bermaterikan tiga peserta.

Namun, satu peserta lainnya, yakni Persias Asmat, sudah dua kali menelan kekalahan, yakni dari PSBS Biak dan Persigubun Gunung Bintang. Keseluruhan anggota Divisi I sebenarnya berjumlah 66 tim. BLAI PSSI sejak awal tentu saja mengharapkan seluruh anggota Divisi I ini bisa menunjukkan kemampuyannya pada kompetisi yang jauh-jauh hari sudah diagendakan mulai digelar pada 26 September 2010. Kepastian dimulainya gelaran kompetisi Divisi I pada 26 September itu bahkan sudah disosialisasikan pada Kongres Tahunan PSSI, awal Februari 2010 di Bandung, Jabar.

Dari akumulasi pertandingan di grup XI dan XII yang dilangsungkan pada Minggu hingga Rabu, di grup XI yang digelar di Sinjai, Sulsel, Persin Sinjjai mengalahkan FC Yahukimo 2-0, sementara Persepar Palangkaraya menang 2-1. Pada grup XII yang digelar di Biak, tim tuan rumah PSBS Biak mengalahkan Persias Asmat 2-0, sesementara Persigubin Gunung Bintang merengkuh kemenangan 3-0 atas Persisas Asmat.

GRUP LAINNYA

Dari 12 grup putaran pertama kompetisi Divisi I ini, hanya di grup I zone Aceh yang belum ditandingkan karena akan menjadi tuan rumah bersama. Pada penyisihan grup lainnya, masih belum bisa ditentukan tim-tim mana yang akan menyusul lolos ke putaran kedua. Walau demilkian, sebagian besar tim-tim tuan rumah menunjukkan keperkasaannya dengan berhasil memimpin klasemen sementara.

Di grup II yang digelar di Siak Indrapura, persaingan tergelar seru, dengan pimpinan klasemen sementara ditempati PS Bangka dengan nilai empat dari hasil sekali menang dan sekali seri. Tim tuan rumah PS Siak dan PSP Padang membayangi di posisi kedua dengan nilai tiga dari hasil sekali menang, sementara PS Padang Panjang berada di posisi keempat dengan nilai satu dari hasil sekali imbang. Persires Rengat yang tergusur dari Divisi Utama pada musim kompetisi 2010 ini berada di posisi keempat setelah menyerah 0-1 pada PSP Padang.

Di grup III yang digelar di Gayo Luwes, Aceh, tim tuan rumah PSGL Gayo Luwes bertengger di posisi atas dengan nilai empat dari kemenangan 2-0 atas Persiju Sinjunjung dan bermain ser 3-3 dengan PSSA Asahan. Posisi kedua ditempati PSBL Langsa dengan nilai tiga dari kemenangan 2-0 atas Persiju Sijunjung.PSSA Asahan di poisisi keempat dengan nilai satu dari permainan imbang 3-3 dengan Gayo Luwes. DI grup III ini, Persebsi Sibolga membatalkan keikutsertaannya.

Dari penyisihan grup IV yang dilangsungkan di Pekalongan, tim tuan rumah Persip Pekalongan dan Persetama Temanggung sama-sama menempati possi teratas dengan nilai nilai tiga dari sekali kemenangan. Persip Pekalongan menang 3-1 atas Persipa Pati, sementara Temanggung mengungguli PSBL Bandar Lampung 1-0. Dua tim asa; Jabar, yakni Persikasi Bekasi dan Persika Karawang, membagi angka satu dari permainan imbang 2-2.

Di grup V yang ditandingkan di Blitar, Jatim, tim tuan rumah PSBK Blitar bertahan di posisi pertama dengan nilai enam dari dua kali kemenangan, termasuk 1-0 atas PSB Bogor Rabu malam.Jakarta Timur FC membayangi di posisi kedua dengan nilai tiga dari kemenangan 1-0 atas Persikad Depok.Pesik Kuningan di posisi ketiga dengan nilai satu dari hasil imbang 2-2 dengan PSB Bogor, yang sementara berada di posisi keempat. Persikad belum memperoleh angka dari dua pertandingannya.

Dari penyisihan grup VI yang dilangsungkan di Jember, tim tuan rumah Persid Jember serta Pesik Kendal dan Persebi Boyolali sementara sama-sama memimpin dengan nilai tiga. Namun, Persid Jember memperoleh tiga nilainya dari hasil sekali bertanding, sedangkan tim Kendal dan Boyolali sudah dua kali bertanding dengan hasil sekali menang dan sekali kalah. Persida Sidoarjo belum memeproleh angka. Senentara, Persibat Batang tak jadi bertanding atau membataslkan keikutsertaannya.

Di penyisihan grup VII di Stadion Wilis, Madiun, tim tuan rumah Madiun Putra FC kembali menunjukkan taringnya dengan merengkuh kemenangan 1-0 atas Persekaba Blora, Rabu malam. Dengan demikian, Madiun Putra FC bertengger di posisi pertama dengan nilai enam dari dua kali menang, setelah sebelumnya menghajar Persipon Pontianak 3-0, pada laga pembuka Minggu (26/9). Posisi kedua ditempati Persepam Pamekasan, Madura, dengan nilai tiga dari kemenangan 1-0 atas Persipon Pontianak. Dengan demikian, Persipon Pontianak yang ditangani mantan “bomber” timnas Perry Sandria menempati posisi buncit diantara lima tim peserta.

Dari penyisihan grup VIII di Bima, tim tuan rumah Persebi Bima masih bertahan di posisi teratas dengan nilai empat dari dua pertandingan, yakni menang 2-1 Persipas Paser dan bermain imbang tanpa gol dengan Persekabpas Pasuruan. Tim KSB Sumbawa membayangi di posisi kedua dengan nilai tiga dari kemenangan 2-1 atas Persipas Paser. Tim Persekabpas Pasuruan membukukan nilai satu dari dua pertandingan. Di grup VIII ini, tim Persiko Kota Baru Banjarmasin tidak jadi berpartisipasi.

Pada penyisihan grup IX yang digelar di Banyuwangi, Jatim, posisi teratas sementara ditempati tim Persewon Wondama yang ditangani pelatih Paul Cummings. Wondama meraih nilai empat dari dua kali bertanding, yakni menang 1-0 atas Persista Sintang Kalbar dan bermain seri 0-0 dengan Persedikab Kediri. Tim tuan rumah Persewangi membayangi di posisi kedua dengan nilai tiga, dari kemenangan 1-0 atas Persedikab Kediri/

Di penyisihan grup X zone Sulawesi yang digelar di Buol, tim tuan rumah Persbul Buol sementara memimpin dengan nilai tiga dari kemenangan 1-0 atas Persikos Kota Sorong. Dua tim peserta lainnya di grup ini adalah PSKT Tomohon dan Persipal Palu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s