Tanpa Izin PSSI, LPI Kompetisi Tarkam

PSSI mengeluarkan “ancaman” untuk Liga Primer Indonesia (LPI) yang bertekad tetap bergulir. Tanpa izin dari induk sepakbola tertinggi di Tanah Air itu, LPI disebut sama seperti turnamen antar kampung alias tarkam.

“Jika tidak ada izin PSSI, itu tarkam namanya,” cetus Sekjen PSSI Nugraha Besoes kepada wartawan di Kantor PSSI, Senayan, Kamis (30/9/2010) sore WIB.

Pernyataan Nugraha itu sehubungan dengan niatan LPI tetap menggelar kompetisi bikinan mereka, andaikata gagal melakukan afiliasi dengan PSSI. LPI mengklaim sudah mendapat lampu hijau dari AFC dan FIFA untuk hal satu itu.

“Gimana mereka bisa minta restu ke FIFA dan AFC, operator kompetisi di Indonesia dan yang menentukan klasemen klub dan pemain serta ofisial itu adalah PSSI yang FIFA tunjuk secara resmi,” sambung pria yang akrab disapa Kang Nug itu.

“Yang resmi terdaftar di FIFA dan AFC itu adalah ISL serta Copa Indonesia. Di lain itu sifatnya turnamen biasa saja. Kalau memang tetap dilaksanakan, semua yang terlibat pasti akan kena sanksi.”

Nugraha pun lebih lanjut menanggapi soal kemungkinan LPI memakai wasit dan perangkat pertandingan asing dari Australia, jika tak dapat izin. Menurut Nugraha hal itu akan sia-sia jika dilakukan.

“Jangan membuat kita terlihat bodoh lah di mata negara lain. Masa mau minjem wasit dan PP asing juga. Pasti federasi sepakbola sana juga akan menolak kalau bukan PSSI yang meminta lewat surat resmi,” tandasnya.

LPI sendiri bertujuan membentuk kompetisi nasional yang bersifat mandiri dan profesional. Bahkan 18-20 klub yang ikut di sana dijanjikan mendapat subdisid, uang dari hak siar dan berbagai keuntungan layaknya klub profesional.

“Hati-hatilah pada hal-hal yang manis. Saya dengar akan dikasih dana Rp 10 M dan sebagainya. Namun saya bilang pada klub pikir panjang dulu, pikir dulu kalau mau ikut di sana,” demikian Kang Nug.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s