Pelatih Indonesia berharap Timnas dapat bobol gawang Uruguay

Pelatih timnas Indonesia Alfred Riedl berharap Firman Utina dan kawan-kawan mampu mencetak gol saat menghadapi timnas Uruguay pada pertandingan persahabatan di Gelora Bung Karno Jakarta pada Jumat (8/10).

“Lawan yang akan dihadapi adalah peringkat tujuh dunia, untuk itu kami berharap pemain mampu menciptakan gol,” katanya di sela latihan perdana timnas di Lapangan PSSI, Jakarta, Senin (04/10/2010).

Menurut dia, melawan tim yang kualitasnya di atas timnas Indonesia merupakan hal yang cukup positif. Dengan bertanding melawan salah satu tim terbaik dunia bisa dijadikan ajang pembelajaran.

Pertandingan ini, kata dia, bisa dikatakan sebuah pertandingan yang cukup berharga. Untuk itu pihaknya menghimbau kepada seluruh pemain bisa menimba ilmu serta pengalaman yang dimiliki oleh pemain timnas Uruguay.

“Kami sangat beruntung bisa melawan Uruguay. Yang jelas semuanya harus maksimal saat ujicoba internasional kali ini,” kata pelatih asal Austria itu.

Ia menjelaskan untuk komposisi pemain saat menghadapi tim semifinalis Piala Dunia 2010 itu pihaknya belum menentukan karena masih terus memantau perkembangan pemain selama menjalani pemusatan latihan.

Pada pertandingan itu pihaknya juga akan menurunkan pemain keturunan yang telah diundang untuk datang ke Indonesia. Pemain itu telah menyatakan kesiapannya untuk memperkuat timnas.

“Mereka datang ke sini untuk bermain. Yang jelas mereka akan dikombinasi dengan pemain yang ada saat ini,” kata mantan pelatih timnas Laos itu.

Pemain keturunan Indonesia yang diundang oleh Badan Tim Nasional (BTN) untuk turun pada pertandingan persahabatan itu adalah John van Beukering dari Go Ahead Eagles Belanda, Rafael Guilermo Eduardo Maitimo dari FC Bit, China dan Jeffry Devisher dari FC Emmen Belanda.

Sebetulnya ada satu pemain keturunan lagi yang diharapkan bisa diturunkan yaitu Sergio van Djik yang saat ini memperkuat Adelaide United Australia. Namun pemain keturunan tidak mendapatkan ijin dari klubnya.

Sementara itu, striker timnas Indonesia Yongky Aribowo mengaku bangga menjadi salah satu pemain terpilih dan memiliki kesempatan untuk menghadapi Diego Forlan dan kawan-kawan.

“Ini adalah pengalaman yang sangat berarti. Pertandingan nanti juga bisa dijadikan kesempatan untuk belajar dengan pemain kelas dunia. Saya akan bermain maksimal pada pertandingan nanti,” katanya saat dikonfirmasi.

Timnas Indonesia yang diproyeksikan untuk turun pada Piala AFF akhir tahun nanti, selain akan melakukan pertandingan internasional melawan Uruguay juga dijadwalkan akan menghadapi timnas Maladewa, 12 Oktober nanti di Bandung Jawa Barat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s