Pemain Belanda ikuti sesi latihan

Ada yang berbeda ketika Timnas Merah Putih menjalani latihan di lapangan Senayan, Jakarta, Selasa (5/10) sore.  Ini tidak lepas bergabungnya tiga sosok pemain asing bertubuh relatif lebih tinggi dibanding pemain timnas Indonesia yang diasuh Alfred Riedl.
Ya, di sesi latihan itu telah diikuti John van Beukering, salah satu di antara tiga pemain blasteran Belanda-Indonesia yang sengaja didatangkan Badan Tim Nasional (BTN) PSSI menjelang laga ujicoba melawan Uruguay di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (8/10) besok lusa.
Blasteran lainnya adalah Rafael Guillermo Eduardo, Tobias Jesajas Waisapy,–keduanya blasteran Belanda-Indonesia. Mereka diharapkan mampu menunjukkan kepiawaiannya membela Merah Putih melawan Uruguay, lalu ikut pula diboyong ke laga Piala AFF 2010, melalui program naturalisasi jalur khusus. Juga Sertgio van Dijk, yang laga kali ini tidak bisa bergabung karena tengah mengikuti seleksi Leceister City (Inggris).
Ada pun Van Beukering, striker klub Go  Ahead Eagle di Divisi 1 Belanda setelah tiba di Jakarta, langsung ikut menjalani latihan bersama Timnas Indonesia, Selasa sore. Saat berlatih, dia tampak berusaha beradaptasi dengan kondisi cuaca dan pola latihan yang diterapkan pelatih Riedl. “Cuaca di sini bagus. Tidak ada masalah. Mudah-mudahan saya bisa cepat beradaptasi,” ujar striker kelahiran Velp, Belanda pada 29 September 1983 itu.
“Latihan berjalan dengan bagus, banyak latihan menembak yang bagus untuk seorang striker seperti saya. Pemain Indonesia juga bagus, mereka pendek-pendek tapi punya teknik yang baik. Mudah-mudahan ke depannya Indonesia punya pemain yang lebih tinggi lagi. Komunikasi tidak ada masalah, beberapa pemain Indonesia bisa bahasa Inggris.”
Soal motivasi membela Tim Merah Putih, Van Beukering mengaku salah satu alasannya adalah mewujudkan impian kakeknya. “Kalau saya tidak serius mengapa saya mau datang jauh-jauh ke sini. Saya ingin mewujudkan impian kakek saya. Dia dari Jakarta dan memimpikan saya bisa menjadi pemain Indonesia,” pungkasnya.
Dia pun berharap banyak bisa membela Indonesia. “Kakek sudah meninggal, dan dia pasti bangga di atas sana melihat saya bisa membela Indonesia,” tutur Van Beukering yang berjanji membuktikan kemampuannya di depan masyarakat Indonesia dengan diberi kesempatan bermain melawan Uruguay. “Pertandingan melawan Uruguay akan sulit. Mudah-mudahan saya bisa diberi kesempatan bermain dan mencetak gol. Kita lihat saja nanti,” ujarnya. ins .

Leave a Reply

