Laga Persahabatan

Membandingkan timnas Indonesia dengan Uruguay memang bak bumi dan langit. Tim Merah Putih tak pernah lagi berprestasi di ajang SEA Games sejak meraih emas di Manila 1991 lalu. Uruguay? Peringkat empat di Piala Dunia 2010! Jangan tanya soal peringkat. Saat ini Indonesia berada di peringkat 131 dunia. Sedangkan Uruguay ada di peringkat tujuh.

Tapi, segalanya bisa terjadi saat kedua negara bersua di Stadion Gelora Bung Karno Senayan, malam ini. Meski levelnya uji coba, inilah kesempatan emas bagi pasukan Merah Putih untuk membuktikan mereka bisa memberi perlawanan. Kalaupun harus kalah, tidak dengan skor mencolok yang bikin malu besar.

“Seluruh pemain sudah bertekad memberi yang baik. Kami tak berpikir soal hasil akhir. Yang paling utama adalah pengalaman berharga bisa menjajal tim kelas dunia seperti Uruguay,” ujar kiper utama timnas, Markus Harison.

Malam ini, Markus bakal menjadi orang yang paling sibuk. Turun dengan materi apapun, Uruguay tetap unggul di semua lini. Mengandalkan permainan keras untuk meredam kelebihan teknik Luis Suarez dkk juga tak menjamin. Toh, pelatih Oscar Tabarez mengakui timnya siap meladeni apapun strategi tuan rumah.

“Tidak masalah. Saya tak banyak mengetahui tentang Indonesia. Hanya, ini uji coba dan berharap tak ada pemain yang mengalami cedera parah. Kami sangat berharap pada wasit untuk melindungi pemain,” sebut Tabarez.

Wasit yang terpilih untuk memimpin pertandingan malam ini adalah Abbas bin Daud dari Singapura. Ia akan dibantu dua asisten dari Indonesia, yaitu Suwaedi Yunus dan Riswanda. Adapun ofisial keempat juga dari tuan rumah, Setiono.

Riedl Kecewa

Sementara itu, tiga pemain keturunan Belanda yang bergabung dengan pemusatan latihan timnas Indonesia sejak dua hari lalu; Jhonny van Beukering (striker), Raphael Maitimo (gelandang), dan Tobias Jesajas Waisapy (bek sayap) dipastikan tidak bisa tampil.

Ini setelah dalam manager meeting yang dilangsungkan di Hotel Four Seasons kemarin siang, pihak Uruguay menginginkan pertandingan dilangsungkan secara resmi sesuai regulasi FIFA. Artinya pemain yang tampil harus sah sebagai warganegara tim yang dibelanya. Dengan begitu, baik Uruguay maupun Indonesia bakal mendapat tambahan poin yang akan berdampak pada ranking FIFA dari pertandingan uji coba ini.

Pelatih timnas Indonesia, Alfred Riedl tidak bisa menyembunyikan kekecewaannya setelah PSSI memutuskan tidak akan memainkan trio Belanda yang sudah jauh-jauh terbang ke Jakarta. Rieadl pantas kecewa.

Sebab dalam latihan dua hari terakhir ketiga pemain itu sudah diset dalam tim yang akan diturunkan malam nanti. Itu setelah beberapa pilar timnas mengalami cedera. Antara lain Zulkifli Syukur dan Arif Suyono, “Saya akan tetap berupaya agar bisa memainkan mereka.

Kami akan terus melakukan lobi-lobi agar mereka bisa dimainkan. Secara pribadi saya tidak mau peduli
poin yang didapat dari uji coba ini. Saya hanya ingin tim ini bermain dan mendapat pelajaran berharga untuk menyongsong Piala AFF,” beber Riedl.

Dalam perkembangan terakhir, kiper Kurnia Meiga juga terkapar cedera. Posisi kiper Arema Indonesia itu akhirnya digantikan kiper Persiba Balikpapan, I Made Wirawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s