Ronny Pasla Kecewa Timnas Kalah dari Uruguay

Mantan kiper tim nasional Indonesia Ronny Pasla menyampaikan kekecewaannya atas kekalahan telak tim nasional Indonesia dengan skor 1-7 oleh tim nasional Uruguay dalam laga uji coba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jumat (8/10) malam. “Saya kecewa dengan kekalahan timnas atas Uruguay. Kita kurang `fighting spirit` (semangat juang) dalam laga ini,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (9/10).

Menurut Ronny, banyak yang perlu dievaluasi dari pertandingan timnas Indonesia melawan Uruguay yang masuk empat besar pada Piala Dunia 2010. Namun, Ronny yang berjuluk si “Macan Tutul” itu memuji penampilan kiper Markus Haris Maulana yang mencoba menahan gempuran penyerang-penyerang Uruguay yang dimotori Luis Suarez. “Banyak pelajaran yang harus diambil dari pertandingan persahabatan itu,” kata pria kelahiran Medan, 15 April 1947 dengan tinggi 183 cm itu.

Dalam sejarah tercatat, Ronny Pasla dan kawan-kawan yang tergabung dalam tim nasional Indonesia pernah mengalahkan Uruguay 2-1 pada 1974 di Jakarta. Indonesia pada masa itu diperkuat, antara lain, Sutan Harhara, Ronny Pasla, Andjas Asmara, Abdul Kadir, dan Ronny Pattinasarany.
Pertandingan persahabatan tersebut merupakan uji coba pertama di bawah asuhan pelatih Alfred Riedl yang menggantikan Benny Dollo, yang berakhir dengan kekalahan 1-7. Tuan rumah unggul terlebih dahulu lewat gol Boaz Solossa pada menit ke-17. Namun, Uruguay mampu membalas lewat Edinson Cavani pada menit ke-35,80 dan 84, Luis Suarez pada menit ke-42,54 dan 69 serta Sebastian Eguen pada menit ke-58.

Indonesia mampu mengimbangi permainan hingga menit ke-30 sebelum kedudukan disamakan pada menit ke-35 dan babak pertama berakhir dengan kedudukan 1-2. Pada babak kedua, Uruguay kembali menekan dan mengakhiri skor menjadi 7-1. Atas kekalahan tersebut, para penonton yang menyaksikan laga di Stadion GBK pada Jumat (8/10) malam menyuarakan kekecewaan mereka. Mereka meminta agar Ketua Umum Nurdin Halid mundur dari jabatannya. Teriakan suporter itu muncul setelah Indonesia kebobolan untuk keempat kalinya pada babak kedua.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s