Merah Putih Lebih Solid

Timnas Indonesia menjawab cercaan dengan prestasi.Mereka mampu menebus kekalahan 1-7 dari Uruguay dengan mengalahkan Maladewa 3-0 di Stadion Siliwangi,Bandung,kemarin.

Merah Putih memang tampil impresif. Paduan kualitas pemain muda begitu kentara dalam laga tersebut. Bahkan, soliditas tim sangat jauh terlihat dibandingkan saat menghadapi timnas Uruguay.Bisa jadi,timnas Indonesia memang telah belajar banyak dari Uruguay yang mempermalukan mereka di depan publik sendiri di Stadion Utama Gelora Bung Karno,Jumat (8/10). Gol kemenangan tim Merah Putih dipersembahkan pemain sayap Oktovianus Maniani pada menit ke-30, striker pengganti Yongki Ariwibowo menit ke-74, dan Tony Sucipto pada menit 90. Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl menilai secara keseluruhan anak asuhnya telah menunjukkan perbedaan kualitas dibandingkan saat menghadapi Uruguay.

Kali ini mereka bermain luar biasa. ”Saya pikir kami sudah bermain bagus pada pertandingan kali ini.Itu sangat berbeda saat bermain menghadapi Uruguay,” ujar Alfred. Gol Oktovianus membuka kebuntuan tuan rumah setelah mendapat umpan silang dari Boaz Solossa.Tembakan Oktovianus menyusur tanah dan membentur tiang kanan gawang Maladewa yang dikawal Mohamed Imran yang akhirnya berbuah gol. Sukses Merah Putih juga tak lepas dari aksi cemerlang Oktovianus yang kerap melakukan manuver ke jantung pertahanan Maladewa.

Selain mencetak satu gol bagi Indonesia,penyerang Sriwijaya FC itu juga tampil konsisten sebelum digotong keluar lapangan akibat benturan dengan bek lawan. Beroperasi di sektor kanan, pemain asal Papua itu beberapa kali terlepas dari pengawalan bek Maladewa Abdulla Ibrahim. Pemain bernomor 10 itu pun mendapat aplaus dari publik sepak bola Bandung yang memadati Stadion Siliwangi. Sepak terjang Oktovianus seolah menjadi pengobat vakumnya duet Bambang Pamungkas dengan Boaz.Sebab,kedua pilar timnas tersebut benar-benar kesulitan melepaskan diri dari kawalan pemain lawan. Meski demikian, Boaz turut andil pula memberikan satu umpan terhadap gol yang diciptakan Oktovianus.

Hingga 10 menit pertama babak kedua,timnas Indonesia mempertahankan pemain starternya. Baru pada menit ke-56,Boaz ditarik keluar dan digantikan striker muda Jaya Teguh Angga. Berikut Ahmad Bustomi dan Bambang berturut- turut digantikan Hariono danYongki. Pergantian pemain yang dilakukan Pelatih Alfred memang makin mempertajam pola serangan yang dibangun timnas.Puncaknya, Yongki mencetak gol kedua Merah Putih setelah mendapat umpan dari Firman Utina pada menit ke- 74. Perlawanan timnas Maladewa makin kendur sejak menit ke-85. Tim asuhan Pelatih Ahmed Mauroof itu kurang fokus dalam membangun pertahanan dan serangan sehingga kembali kebobolan.Umpan lambung yang dilancarkan Yongki mampu dimanfaatkan Tony Sucipto sehingga berbuah gol pada menit ke-90.

Sampai peluit panjang ditiupkan wasit Pandian Palaniandy, kedudukan berakhir 3-0 untuk timnas Indonesia. Menurut Alfred, Indonesia sebetulnya punya peluang lebih banyak untuk menambah gol. Namun, kondisi lapangan yang keras sangat memengaruhi pola permainan anak asuhnya. ”Lapangannya terlalu keras dan permukaan tidak rata. Jadi, sebetulnya lapangan ini kurang layak untuk pertandingan internasional. Kondisi itu sangat berbeda dengan lapangan di Jakarta,” ungkap Alfred. Di sisi lain, Pelatih Mauroof menyatakan kekalahan ini akan dijadikan pelajaran bagi timnya. Bagi dia, menghadapi timnas sangat berbeda dengan melawan tim Persib U-21.

”Pertandingan ini memberikan pengalaman penting bagi kami. Kondisinya jelas sangat berbeda ketika kami menghadapi Persib U-21,”kata Mauroof. Mauroof sendiri memuji permainan timnas Indonesia yang bermain baik kemarin sore. ”Mereka lebih baik dari kami.Tapi, kami senang karena bisa bermain lepas,” tandasnya. (CR-9)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s