Naturalisasi Terjepit Deadline

Naturalisasi Terjepit Deadline
Proses naturalisasi calon amunisi timnas belum mendapatkan jaminan waktu sesuai deadline. Merah Putih harus mendapatkan kepastian status paspor sebelum pendaftaran pemain Piala AFF 2010.
Timnas tinggal memiliki waktu 10 hari untuk memastikan komposisi 30 nama yang akan berlaga di Piala AFF, Desember mendatang. Sebab, komposisi nama itu sudah harus didaftarkan kepada AFF sehari sesudahnya. Seandainya kuota diisi nama lokal semuanya, timnas sudah memberikan garansi akan selesai pada Sabtu (30/10) malam. Mereka tetap melakukan rapat internal sebelum memasukan nama-nama itu.
Hanya, Merah Putih berencana memasukan nama impor yang paspornya diputihkan lebih dahulu. Sedikitnya ada empat nama paspor asing yang siap diputihkan. Mereka adalah Johnny van Beukering, Kim Jeffry Kurniawan, Cristian Gonzales,dan Rafael Guilermo. Menpora Andi Mallarangeng mengungkapkan,k epastian waktu pemutihan paspor jadi kewenangan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).
’’Kami belum bisa memastikan proses naturalisasi itu akan selesai kapan. Tapi yang jelas, akan diusahakan secepatnya.Semua dikembalikan lagi kepada kebijakan Menkumham,’’ ungkap Andi kemarin. Andi menambahkan, saat ini dokumen pergantian paspor beberapa nama sudah diserahkan kepada Menkumham. Namun, perkembangannya seperti apa belum diketahui secara pasti. Rencananya dalam waktu dekat Menpora akan menemui Menkumham.
’’Surat sudah masuk ke Depkumham. Secepatnya saya akan menemui Menkumham untuk membahas masalah ini.Mungkin keempatnya bisa. Sekarang yang terpenting mereka mau melepaskan kewarganegaraan lama,’’ tutur Andi. Sebenarnya bukan hanya cabang olahraga (cabor) sepak bola yang berencana melakukan naturalisasi. Andi menyatakan, beberapa cabor lain nonsepak bola sudah mengonfirmasi untuk melakukan naturalisasi atlet. Namun, rincian cabor-cabor tersebut belum bisa disebutkan.
’’Kami terbuka dengan naturalisasi, asalkan diajukan federasi masingmasing. Federasi yang tahu kualitas atlet atau pemain yang akan dinaturalisasi. Beberapa cabor nonsepak bola saat ini sudah membicarakan rencana naturalisasi. Tapi, saya belum bisa menyebutkan karena harus menunggu surat resmi mereka,’’ kata Andi. Sementara Ketua BTN Iman Arif menyatakan, timnas akan menunggu kepastian nama amunisi yang mengalami pemutihan paspor.
Merah Putih juga akan mendorong pemutihan paspor sebelum deadline registrasi pemain pada awal November.’’Kami tetap melakukan komunikasi dengan semua elemen.Berkas pergantian paspor tetap akan dikejar sebelum 1 November.Yang jelas, timnas akan melakukan rapat internal sebelum mengirimkan namanama pemain di Piala AFF,’’ tandas Iman.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s