Timnas U-16

inamhj.jpg 
Timnas U16 Indonesia akan menggunakan kostum berwarna merah-hijau-merah saat berhadapan dengan Uzbekistan di laga perdana Grup A AFC U16 Championship 2010. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada hari Minggu (24/10) di Stadion Pakhtakor, Tashkent.

Pemilihan warna kostum yang digunakan oleh Indonesia ini atas keputusan langsung dari AFC. Ketika PSSI meminta agar dikembalikan kepada merah-putih-merah, tidak diperkenankan oleh AFC.

“ AFC telah memutuskan kombinasi warna kostum pemain untuk seluruh pertandingan penyisihan grup. Ini sudah hasil pemilihan yang cermat sehingga tidak akan ada warna yang sama antara pemain dan wasit,” ungkap Dali Tahir, Head Of Delegation AFC.

Dari segi persiapan jelang lawan Uzbekistan, pelatih Timnas U16 Mundari Karya mengaku senang dengan kondisi anak asuhnya. Dalam latihan terakhir yang digelar Sabtu (23/10) di Kibray low Stadium, Purwa Putra dkk dilatih berulang-ulang dalam memanfaatkan set-piece.

“ Kita tahu Uzbekistan adalah tim yang kuat, apalagi bermain di kandang sendiri. Namun, saya sudah meminta kepada pemain agar tetap percaya diri, konsentrasi dan fokus pada pertandingan sehingga bisa tampil baik,” kata Mundari Karya.

Kesiapan juga diutarakan oleh pemain timnas U16. Dalam sesi Pre tournament press conference di Uzbekistan Hotel, penjaga gawang Jupriyanto mengaku tidak gentar menghadapi Uzbekistan.

“ Kami akan fokus pada setiap pertandingan. Bagi kami setiap pertandingan yang dijalani adalah laga final. Jadi, saya dan rekan-rekan akan tampil habis-habisan demi mengharumkan bangsa Indonesia,” tegas Jupriyanto.

Dari sisi strategi, Mundari Karya tetap pada keputusan semula untuk memperkuat lini tengah. Ia hanya akan memasang satu striker yang kemungkinan akan diserahkan kepada Angga Febriyanto.

Angga akan ditopang oleh lima gelandang berteknik tinggi, yakni Dhomas, Fachry, Antoni Nugroho, Ricky Bardes dan Reynaldi Junior. Sedangkan di pertahanan akan dipercayakan kepada Purwa Putra, Wanda Syahputra, Dwi Yusuf dan Hendriko Masko.

Satu pemain yang biasanya mengisis starter di posisi striker, Ricky Alfian, kemungkinan tidak bisa tampil. Ia menderita demam sejak kemarin dan tidak direkomendasikan untuk tampil oleh dokter tim.

Sementara itu, seluruh pertandingan Indonesia di AFC U16 Championship 2010 ini rencananya akan disiarkan secara tunda oleh stasiun RCTI. Laga Indonesia vs Uzbekistan akan disiarkan pada hari Senin (25/10) pukul 01:30 WIB. Indonesia vs Tajikistan, Rabu (27/10) pukul 02:30 WIB. Dan, pertandingan pamungkas di grup A antara Indonesia vs Yordania, Kamis (28/10) pukul 24:00 WIB.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s