BTN Ikutkan Gonzales Dan Irfan ke AFF


Dua pemain naturalisasi masuk dalam daftar pemain yang dikirim Badan Tim Nasional (BTN) PSSI ke AFF. 

Proses naturalisasi pemain asing untuk memperkuat skuad Timnas Indonesia tampaknya cukup serius dijalani PSSI. Itu bisa dilihat dari daftar nama 30 pemain yang telah dikirimkan otoritas sepakbola nasional melalui Badan Tim Nasional (BTN) ke AFF.

Informasi yang diperoleh GOAL.com, dari puluhan daftar pemain yang dikirim tersebut terdapat nama striker Persib Bandung asal Uruguay Cristian Gonzales, dan pemain berdarah Indonesia-Belanda Irfan Bachdim, yang nantinya akan tampil di Piala AFF 2010 membela Timnas Indonesia.

“Daftar sudah dikirim tadi malam. Soal naturalisasi, kami diberi waktu lima hari untuk menyelesaikan proses administrasinya setelah deadline pada 1 November mendatang,” beber Ketua BTN Iman Arief kepada wartawan di Jakarta, Jumat (29/10).

“Ada beberapa pemain naturalisasi yang kami ingin daftarkan, hanya saja kemungkinan yang sudah bisa masuk baru Gonzales.”  Meski demikian, masih kata Arief, progres pendaftaran tetap disampaikan kepada AFF sembari menunggu proses naturalisasi beberapa pemain asing itu beres.

Pasalnya, jika saja proses naturalisasi tidak sampai memenuhi deadline dari AFF, para pemain impor tersebut diharapkan sudah bisa memperkuat Timnas ‘Merah Putih’ saat tampil di Pra Piala Dunia 2014 mendatang.

Terpisah, Sekjen PSSI Nugraha Besoes, mengatakan kondisi proses naturalisasi untuk Gonzales berbeda dengan pemain asing lainnya. Sebab yang bersangkutan sudah memenuhi syarat untuk menjadi warga negara Indonesia, setelah sekian lama tinggal dan merumput di pentas sepakbola nasional.

“Selain itu, ia pun sudah beristri dan memiliki anak dengan wanita Indonesia, sehingga proses naturalisasi Gonzales memang agak lebih mudah ketimbang pemain asing lainnya,” kata Nugraha.

“Satu hal yang harus diketahui, yang bersangkutan bukan diminta PSSI, tapi justru sudah sejak lama mengajukan permohonan untuk menjadi WNI (warga negara Indonesia), setelah cukup lama bermukim di Indonesia.”  

Daftar 30 Pemain Timnas Indonesia Untuk AFF

Kiper: Markus Haris Maulana, Ferry Rotinsulu, Kurnia Meiga.
Belakang: Made Wirawan, Zulkifli, Benny Wahyudi, Ricardo Salampessy, Nova Arianto, Maman Abdulrahman, Hamka Hamzah, Yesaya Desnam, M Roby, M Nasuha, Slamet Riyadi, M Ridwan.
Tengah: Arif Suyono, Toni Sucipto, Firman Utina, Eka Ramdani, Ahmad Bustomi, Hariono, Johan Juansyah, Oktovianus Maniani, Octavianus,
Depan: Cristian Gonzales, Irfan Bachdim, Boaz  Solossa, Bambang Pamungkas, Yongky Aribowo, Budi  Sudarsono.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s