Hitung mundur menuju Piala AFF 2010 dimulai!

Sejak SEA Games khusus diperuntukkan bagi tim U-23, praktis pesta sepakbola paling bergengsi di Asia Tenggara adalah Piala AFF. Pada waktu digulirkan 1996 silam, nama kejuaraan menyesuaikan dengan sponsor utama sehingga disebut Piala Tiger hingga lima kali edisi penyelenggaraan.

Indonesia, tak bisa dipungkiri, adalah kekuatan tradisional di Asia Tenggara. Sayangnya, Indonesia belum pernah berhasil menjuarai Piala AFF sejak kali pertama digelar. Prestasi terbaik hanyalah nomor dua yang diraih tiga kali beruntun, yakni pada 2000, 2002, dan 2004.

Namun, harapan tak pernah berhenti tumbuh. Setiap kali mendekati Piala AFF, harapan publik membuncah. Betapa pun buruknya penampilan timnas Merah-Putih belakangan. Betapa pun peliknya tarik ulur roda kompetisi dengan kepentingan timnas. Betapa pun serunya perdebatan pelatnas jangka panjang versus jangka pendek. Betapa pun didera seribu masalah, publik tetap mencintai timnas Indonesia.

Indonesia kini tidak boleh lagi menganggap diri sebagai yang terbesar di Asia Tenggara. Terbukti dari waktu ke waktu tidak ada yang mau terus-terusan menjadi yang paling buncit. Lihatlah, negara-negara tetangga sedang giat berbenah. Hampiri jendela. Apa betul posisi Indonesia sudah sesuai dengan harapan atau malah justru Indonesia terkunci di dalam kungkungan?

Tiga puluh hari menjelang Piala AFF 2010, GOAL.com ingin turut merayakan pesta yang kebetulan digelar di negara kita sendiri [mulai penyisihan grup dan mudah-mudahan sampai final] melalui tulisan-tulisan khas yang diharapkan memberikan “jendela” kepada segenap khalayak pembaca. Kami ingin mewarnai peliputan Piala AFF 2010 dengan menyajikan perkembangan terbaru seputar persiapan tim, termasuk calon-calon lawan Indonesia.

Informasi yang kami sajikan biarlah memelihara harapan yang terus tumbuh dalam dada kita masing-masing, asal jangan pernah menutup mata dan hati.

Maju, Indonesia!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s