Christian ‘El Loco’ Gonzales

Surat nikah El Loco sempat hilang saat mengurus jadi WNI.
Pemain Persib Bandung, Christian ‘El Loco’ Gonzales akhirnya resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Status ini didapatnya setelah El Loco dan istrinya, Eva Siregar nyaris putus asa.

El Loco menjadi pemain naturalisasi pertama yang dimiliki Indonesia. Pemain asal Uruguay itu resmi menyandang status sebagai WNI setelah mendapatkan paspor Indonesia, Rabu 3 November 2010.

Tak mudah bagi El Loco untuk menyandang status ini. Banyak pengorbanan yang harus dialuinya. Bahkan, menurut istrinya, Eva, mereka sudah sampai pada kondisi nyaris putus asa.

“Karena itu kami sangat berterima kasih kepada Badan Tim Nasional (BTN) yang telah membantu El Loco mendapatkan status sebagai WNI,” kata Eva dalam jumpa pers di Pakubuwono, Jakarta, Jumat 5 November 2010.

Eva menuturkan, suaminya telah mengajukan permohonan untuk menjadi WNI sejak 2006 lalu. Kala itu, El Loco masih membela Persik Kediri. Namun, birokrasi yang berbelit-belit membuat urusan seakan tak berujung. 

El Loco kembali mencobanya saat pindah ke Persib Bandung, 2008 lalu. Namun hasilnya tetap nihil. Bahkan, surat nikahnya bersama Eva sempat hilang ketika mereka meminta kembali dokumennya.

“Saat itu dokumen kami sudah setahun mengendap, namun tak pernah ada hasil apapun. Saya kemudian berniat mengambilnya. Saat saya periksa, surat kawin kami ternyata sudah tidak ada,” kata Eva.

Pengorbanan lain yang harus dilalui El Loco adalah meninggalkan keluarganya di Uruguay. Sejak berniat menjadi WNI, El Loco memilih untuk tidak pulang lagi ke negaranya. Bahkan saat adiknya, Daniel meninggal.

“Bapaknya sakit, dia (El Loco) juga tidak pulang. Ini dilakukannya agar bisa menjadi warga negara Indonesia. Saya tadi baru telepon mertua saya, dan mereka mendukung penuh langkah El Loco menjadi WNI,” beber Eva.

El Loco anak ketiga dari 6 bersaudara pasangan Eduardo Gonzales dan Mariam Gonzales. Kedua orang tuanya masih bermukim di Uruguay. Sedangkan saudaranya yang lain tersebar di beberapa negara Eropa.

Keempat saudara El Loco yang tersisa adalah Richard, Alejandro, Adrian, dan Carolina. Dua nama pertama menetap di Spanyol, Adrian di Argentina, dan si bungsu, Carolina masih berada di Uruguay.

“Terakhir kali saya pulang 2004 lalu. Setelah itu, saya tidak pernah lagi pulang ke Uruguay,” kata El Loco menimpali.

Penantian panjang El  Loco dan keluarganya akhirnya berbuah hasil. Setelah tujuh tahun merumput di Indonesia, pemain yang kini berusia 34 tahun itu resmi menjadi warga negara Indonesia.

El Loco akan memperkuat tim nasional proyeksi Piala AFF 2010. “Alhamdulillah saya senang akhirnya bisa menjadi Warga Negara Indonesia. Saya akan bekerja keras agar timnas bisa menang,” kata El Loco.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s