15.000 Personil siap amankan AFF 2010

Meski tak melakukan perlakuan khusus kepada para tim tamu, panitia Lokal (LOC) Piala AFF 2010 tetap fokus melakukan pengamanan. Sekitar 15 ribu personel kepolisian, bakal turun mengamankan ajang sepak bola paling bergensi di Asia tenggara itu. 

Pengaman buat tim Malaysia menjadi perhatian penting. Pihak AFF sampai melakukan rapat dua kali membahas sentimen politik yang pernah terjadi antara Indonesia dan Malaysia.

“Sentimen politik antara Indonesia dan Malaysia menjadi perhatian khusus AFF. Namun, kami tidak memberikan treadment special buat tim Malaysia begitupun dengan suporter meraka. Pasalnya kami menilai ini merupakan helatan olahraga yang seharusnya menjujung tinggi sportivitas dan fairplay,” ujar Ketua Keamanan LOC, Nugroho Setiawan, dalam konferensi pers di Kantor PSSI, Senayan, Jakarta, Selasa (23/11).

“Format penjagaan sama seperti pengalaman kami menjamu timnas Australia dan Uruguay. Terkait pengamanan, kami sudah melakukan koordinasi dengan Polda Metro Jaya dan Polda Sumatera Selatan. Sebanyak 15 ribu personel bakal diturunkan. Namun, hal itu masih fleksibel. artinya bisa bertambah atau berkurang sesuai dengan situasi,” tambah Nugroho.

Lebih lanjut Nugroho mengatakan, semua tim akan mendapat pengamanan sejak datang dan pulang. Pun dengan para suporter. Dalam setiap pertandingan akan ada sekitar 2000 sampai 3000 personel di wilayah ring stadion.

“Kami akan melakukan penyisiran keamanan mulai pukul 12 siang hingga kick off dimulai. Kami menghimbau kepada masyarakat agar memiliki tiket, karena hanya orang yang punya tiket yang bisa masuk ke area jogging track dan ke dalam stadion, ” pungkas Nugroho.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s