Nurdin Halid dicalonkan menjadi anggota Exco AFC

Indonesia tidak lagi memiliki wakil di badan Executive Comitee Federasi Sepabola Asia (Exco AFC). Setelah Suryadharma ‘Dali’ Tahir menyatakan pengunduran dirinya dalam rapat Exco pada 24 November lalu di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dali mengucap perpisahan pada Presiden AFC Mohamed bin Hammam dan juga seluruh anggota Exco AFC. Namun bukan artinya Dali yang sudah sembilan tahun jadi anggota Exco tidak memiliki pengganti. Dia akan mencalonkan Ketua Umum PSSI Nurdin Halid sebagai suksesor di Exco AFC.

“Sebagai anggota AFC hingga Kongres AFC bulan Januari mendatang di Doha, Qatar, saya telah menyatakan komitmen saya kepada ketua umum PSSI untuk berjuang sepenuh kemampuan saya agar ketum PSSI dapat terpilih sebagai anggota Exco AFC peride 2011-2015,” ujar Dali seperti dikutip dari situs resmi PSSI, Jumat 26 November 2010.

Pemilihan Nurdin Halid sebagai calon dari Indonesia, dikatakan Dali, demi menambah kekuatan dan kedudukan Indonesia dalam persepakbolaan Asia. Tentang peluang Ketua Umum PSSI menjadi anggota Exco AFC ini, Dali Tahir menyatakan, sangat besar.

“AFC sangat membutuhkan posisi Indonesia sebagai salah satu wakil ASEAN,” kata Dali.

Peluang yang dikatakan besar ini karena, menurut Dali, Nurdin Halid merupakan sosok yang dihormati oleh residen AFC Mohamed bin Hammam. Penetapan anggota Exco AFC sendiri baru akan dilakukan pada Kongres AFC 6 Januari 2011 di Doha, Qatar.

Dari 20-an anggota Exco AFC, termasuk Mohamed bin Hammam yang sekaligus menjadi Presiden AFC dan salah satu Wakil Presiden FIFA, sebagian akan digantikan oleh orang-orang baru. Dali Tahir termasuk yang akan digantikan.

Nurdin Halid menjadi salah satu calon dari kawasan Asia Tenggara atau ASEAN. Dalam kepengurusan AFC saat ini ada lima wakil dari ASEAN yang masing-masing menjadi Wakil Presiden AFC, yakni H.R.H. Prince Abdullah Sultan Ahmad Shan (Malaysia), seorang anggota Exco FIFA, Worawi Makudi (Thailand), dan tiga anggota Exco AFC biasa, yakni Dali Tahir, John Koh Nam Sang (Singapura), dan Mr Zaw Zaw (Myanmar).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s