Timnas hindari permainan kasar

Beberapa hari lagi AFF 2010 akan mulain berlangsung, persiapan pun telah dilakukan baik dari official hingga para pemain sendiri. Pada pertandingan nanti Tim nasional Indonesia akan berusaha keras meredam permainan kasar yang berpotensi merugikan tim. Menghadapi Piala AFF 2010, Tim Merah Putih berjanji untuk tampil lebih ‘santun’.

Indonesia harus menelan pil pahit saat dikalahkan Arab Saudi 2-1 pada putaran final babak penyisihan Piala Asia 2007. Kekalahan ini tak lepas dari pelanggaran yang dilakukan oleh bek sayap Indonesia, Ismed Sofyan.

Pada laga tersebut, Ismed masuk menggantikan Budi Sudarsono pada menit ke-89. Hanya semenit di lapangan, pemain Persija Jakarta itu mengganjal pemain Arab yang berlari melewatinya.

Wasit pun memberikan hadiah tendangan bebas kepada Arab. Inilah jalan bagi pemain Arab, Al Harthi untuk menjebol gawang Indonesia. Skor yang sebelumnya imbang 1-1 berubah menjadi 2-1.

Telunjuk kembali mengarah kepada Ismed saat Indonesia ditahan imbang Kuwait 1-1 pada Pra Piala Asia 2011 lalu. Saat itu, Ismed diganjar kartu merah usai mengoleksi dua kartu kuning di babak kedua.

Diusirnya Ismed membuat permainan timnas timpang. Kondisi ini langsung dimanfaatkan tim lawan untuk berbalik menekan. Hasilnya pada menit ke-71, Ahmad Ajab berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Striker timnas, Bambang Pamungkas dalam diskusi dengan wartawan di kantor PSSI, Senin 29 November 2010, mengatakan pelatih timnas Alfred Riedl sedang berupaya mengeliminir kejadian seperti itu.

“Mungkin ini luput dari perhatian rekan-rekan wartawan. Dalam beberapa pertandingan kami sudah jarang mendapatkan kartu kuning. Riedl selalu menekankan agar tak bertindak merugikan tim,” kata Bambang.

Jelang babak penyisihan Grup A, Piala AFF 2010, Indonesia telah melakoni 4 kali uji coba. Pada uji coba pertama, Indonesia dibantai Uruguay 1-7 sedangkan pada uji coba kedua lawan Maladewa, Indonesia menang 3-0.

Dua uji coba lainnya digelar pada November dan Indonesia berhasil memenangkan keduanya. Pertama mengalahkan Timor Leste 6-0 dan kedua menang 2-0 atas timnas Tiawan.

Bambang menambahkan, komposisi timnas tahun ini di bawah Riedl berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Hadirnya beberapa pemain muda menurut Bambang telah membuat timnas lebih berwarna.

“Yang saya suka dari pelatih asing adalah mereka tidak pernah membedakan pemain junior dan senior. Siapapun mendapat kesempatan yang sama untuk tampil di lapangan,” tandas Bambang.

Indonesia akan mengawali penampilannya di babak penyisihan Grup A Piala AFF 2010 menghadapi Malaysia, Rabu 1 Desember 2010. Duel ini akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta. 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s