Dow Jones Masih Dukung Indeks Melanjutkan Kenaikan

foto

TEMPO Interaktif, Jakarta – Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia pada hari ini kembali berpeluang melanjut kenaikan setelah indeks Dow Jones ditutup naik lebih dari 200 poin.

Hari ini indeks diperkirakan akan mencoba mendekati level 4.000 seiring melonjaknya kembali harga saham bursa Wall Street semalam.

Harga minyak mentah naik ke US$ 87,86 per barel serta harga emas yang juga kembali menguat menjadi US$ 1.763,1 per troy ounce dapat memberikan dukungan terhadap saham pertambangan sehingga dapat kembali mengerek indeks lokal.

Pada perdagangan Senin, 15 Agustus 2011 waktu setempat, indeks saham utama Dow Jones ditutup naik 213,88 poin (1,9 persen) ke level 11.482,9. Indeks saham teknologi Nasdaq menguat 47,22 poin (1,88 persen) menjadi 2.555,2, serta indeks S&P 500 juga naik 5,68 poin (2,18 persen) ke posisi 1.204,49.

Analis dari PT eTrading Securities, Wisnu Karto dalam analisa hariannya mengemukakan, indeks masih berpotensi menguat untuk kembali menguji garis batas atasnya di level 3.964. “Melihat indikator teknikal yang masih bergerak positif, IHSG hari ini akan kembali menguat dan bergerak dalam rentang antara 3.926 hingga 4.005,” dia memprediksikan.

Saham – saham yang masih layak untuk dikoleksi antara lain: AKR Corpindo (AKRA), Astra International (ASII), serta Japfa Comfeed (JPFA).
Akan tetapi investor juga harus tetap mewaspadai akan adanya aksi ambil untung. “Karena indeks telah menguat dalam empat hari terakhir dan diikuti penurunan volume perdagangan,” paparnya.

Diawal pekan kemarin indeks ditutup kembali menguat 69,496 poin (1,79 persen) ke level 3.960,022. Saham sektor aneka industri, industri dasar, serta perbankan menjadi motor penggerak indeks.

Optimisme investor bahwa perekonomian Jepang tidak seburuk perkiraan sebelumnya memberikan keberanian para pemodal kembali melakukan akumulasi saham – saham ungulan, terutama Asta International

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s