Harga Emas Kini Sentuh US$ 1.822 per Troy Ounce


TEMPO Interaktif, New York — Harga komoditas emas mencetak rekor tertinggi baru. Kenaikan ini karena kekhawatiran pelambatan ekonomi global kembali mencengkeram pasar setelah laporan buruknya makroekonomi Amerika Serikat (AS) yang dirilis semalam.

Harga emas untuk antaran bulan Desember pada perdagangan Kamis, 18 Agustus 2011 waktu setempat, ditutup melonjak US$ 28,2 (1,57 persen) menjadi US$ 1.822 per troy ounce di pasar komoditas New York. Bahkan harga emas sempat menyentuh level tertingginya di US$ 1.829,7 per troy ounce.

Pagi ini harga emas kembali naik US$ 7,7 (0,42 persen) menjadi US$ 1.829,7 per troy ounce di pasar Asia.

“Banyaknya perkiraan ekonomi AS akan memasuki resesi lanjutan membuat para investor keluar dari bursa saham dan mengalihkan investasinya dalam bentuk emas,” ujar James Cordier, manajer investasi pada Optionsellers.com di Florida. “Sepertinya emas merupakan tempat yang dianggap paling aman saat ini,” kata Cordier.
Di bulan ini harga emas telah menguat sekitar 10 persen dan sepanjang tahun ini emas telah menguat 26 persen.

Harga saham di bursa Wall Street pada perdagangan Kamis waktu setempat kembali berjatuhan. Harga minyak juga merosot US$ 5,2 (5,94 persen) ke level US$ 82,38 per barel, dan pagi ini kembali turun US$ 1,34 (1,63 persen) menjadi US$ 81,4 per barel. Hal ini kembali memicu penguatan dolar AS terhadap mata uang utama dunia. Indeks dolar AS terhadap enam mata uang rival utamanya 0,57 (0,77 persen) ke level 74,244.

Menurut data dari Departemen Tenaga Kerja AS, angka klaim pengangguran meningkat 9.000 menjadi 48 ribu jiwa, melebihi perkiraan para analis sebelumnya sekitar 400 jiwa. Survei bisnis yang dilakukan bank sentral Philadelpia menunjukkan indeks manufaktur bulan Agustus turun menjadi negatif 30,7 dari sebelumnya minus 3,2 di bulan Juli.

Biaya hidup di AS pada bulan Juli meningkat 0,5 karena naiknya harga gas dan barang eceran. Penjualan rumah yang ada juga turun 3,5 persen di bulan Juli kemarin, level terendah dalam bulan terakhir.

Harga emas batangan 1 gram kemarin telah mencapai Rp 542 ribu di logam mulia.com. Sedangkan untuk berat 5 gram harganya Rp 51o ribu per gramnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s