Carrefour Siap Duduk Bareng Bahas Tuntutan Karyawan


JAKARTA – Karyawan PT Carrefour Indonesia sedianya akan menggelar aksi mogok secara nasional. Aksi tersebut rencananya dilakukan pada 26 Agustus 2011 hingga 28 Agustus 2011.

Terkait hal tersebut, pihak manajemen Carrefour tetap berharap pemogokan karyawan tidak terjadi. Namun, bila itu tetap dilakukan pihaknya akan berupaya maksimal agar pelayanan terhadap para konsumennya tidak terganggu.

“Iya bagaimana kita membuat kenyamanan konsumen, bagaimana kita nanti antisipasi kalau jadi demo kepuasan dan kepentingan konsumen tidak terganggu,” ujar Public Affairs Senior Manager, PT Carrefour Indonesia, Satria Hamid saat berbincang dengan okezone, Minggu (21/8/2011).

Satria menambahkan, terkait tuntutan terhadap pembentukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang mengatur hubungan antara kedua belah pihak ini, Carrefour sudah berupaya membahasnya secara kekeluargaan.

“Kan dialog sudah dari dulu kita. Kalau utk dialog kita sudah terkonsep dari dulu. Kami punya mekanisme untuk menyampaikan hubungan industrial. Sebisa mngkin ini akan disampaikan kepada kedua belah pihakantara perusahaan dan pekerjanya atau pekerja yang tergabung dengan serikat pekerja. Kalau memang dalam 3 kali pertemuan tidak ada titik temu kita libatkan pihak pemerintah dlm hal ini Dinasker ini sesuai UU pemerintah sebagai mediator,” paparnya.

Menurut Satria pihaknya tetap terbuka membuka dialog dengan para pekerja guna menemukan solusi bersama atas maslaah tersebut.

“Ya untuk menyelesaikan masalah kan duduk bareng gitu, mencari mufakat dan musyawarah. itu prinsipnya kalau dari kita,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, ancaman mogok kerja dilakukan menyusul tidak adanya respons dari pihak manajemen terkait pembentukan Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang mengatur hubungan antara keduanya.

Ketua Umum SPCI, Imam Setiawan mengatakan pihaknya masih menunggu respons dari surat yang telah dilayangkan ke pihak manajemen. Imam, meminta adanya PKB antara pihak manajemen dan karyawan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s