Hati-Hati Memakai Bra Terlalu Kencang


Liputan6.com, Massachusetts: Bra adalah barang terpenting bagi Kaum Hawa untuk menjaga keindahan payudara. Ukuran bra pun harus disesuaikan dengan bentuk tubuh dan payudara.

Jika menggunakan terlalu ketat, bra justru bisa mengganggu kesehatan yaitu peningkatan risiko kanker payudara. Hal itu berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard, Amerika Serikat.

Penggunaan bra yang terlalu ketat akan menghambat sirkulasi darah dan merusak jaringan payudara. Hal ini mengakibatkan pasokan oksigen dan nutrisi ke sel-sel payudara terhambat sehingga racun terjebak di dalamnya. Para peneliti memperingatkan risiko tinggi kanker payudara terjadi pada wanita yang menggunakan bra terlalu ketat selama 12 jam, terutama mereka yang tidur memakai bra.

Melalui penelitian ini, peneliti juga menemukan kasus kanker payudara tertinggi terjadi pada pekerja kelas menengah yang memiliki jam kerja tinggi. Asumsinya bahwa mereka memakai bra yang ketat selama bekerja.

Dr Mody MD, seorang ahli kesehatan, mengatakan bahwa pembuluh limfatik dalam jaringan payudara sangat tipis sehingga sangat sensitif terhadap tekanan. Penggunaan bra yang ketat akan membatasi aliran getah bening di payudara. “Itu membuat racun terakumulasi di payudara dan memicu mengembangkan sel kanker,” katanya.

Penggunaan bra yang salah menghambat tubuh untuk menyingkirkan sel-sel kanker dan racun seperti dioxin, benzena dan bahan kimia karsinogenik lainnya yang menempel pada jaringan lemak tubuh seperti payudara. Bahkan, jika Anda menemukan benjolan di payudara, bisa jadi cairan getah bening cairan yang terahan. Para ahli kesehatan dan kecantikan menyarankan perempuan untuk memperhatikan penggunaan bra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s