iOS 5 Jepang Dukung Layanan Peringatan Gempa

detail berita

iOS 5 versi Jepang sertakan dukungan untuk sistem notifikasi gempa

CALIFORNIA – Pengguna iPhone di Jepang nantinya bisa mengakses sistem notifikasi atau peringatan gempa bumi langsung dari perangkat mereka.

Menurut blog 9to5Mac yang dikutip Cnet, Selasa (23/8/2011), Apple telah menyertakan dukungan untuk layanan notifikasi gempa Jepang pada iOS 5 versi beta-nya.

Melalui layanan ini, pengguna akan mendapat peringatan berupa informasi tentang lokasi-lokasi yang berpeluang terkena gempa, ketika gempa bumi terjadi.

Sistem notifikasi ini sendiri telah diluncurkan pemerintah Jepang pada 2007 lalu. Ketika terjadi getaran gempa awal, layanan ini akan mengirimkan notifikasi lewat sistem online. Layanan ini juga akan terus mengirimkan notifikasi tentang informasi-informasi baru yang didapat, termasuk titik pusat gempa.

Sistem ini merupakan kunci penting dalam layanan respon darurat Jepang, mengingat negara itu termasuk rawan gempa. Ketika Jepang mengalami gempa bumi 9 skala Richter Maret lalu, sistem notifikasi ini tidak bisa diakses karena jaringan ponsel yang lumpuh akibat penggunaan yang berlebihan. Alih-alih, penduduk memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter untuk mendapatkan informasi maupun mengecek keberadaan keluarga serta teman-teman mereka.

Apple akhirnya mengikuti jejak perangkat-perangkat mobile lainnya di Jepang yang mendukung sistem itu. Sebelumnya, pengguna iPhone harus mengunduh aplikasi dari pihak ketiga untuk mendapatkan akses sistem notifikasi tersebut.

Meski begitu, belum diketahui apakah sistem notifikasi serupa ini akan tersedia juga untuk pengguna iPhone di negara-negara lain ketika iOS 5 akhirnya resmi meluncur untuk publik, September mendatang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s