Gabung Anzhi, Eto’o Teken Kontrak Kematian Kariernya


DUALA – Keputusan Samuel Eto’o menerima pinangan klub Rusia Anzhi Makhachkala menimbulkan pro-kontra di tanah kelahirannya, Kamerun. Banyak yang mengecam, namun tak jarang juga yang mendukung keputusan mantan striker Inter Milan ini.

Mantan pemain timnas Kamerun, Joseph-Antoine Bell merupakan salah satu sosok yang kontra dengan keputusan Eto’o. Salah satu kiper terbaik sepanjang masa di Timnas Kamerun ini menyatakan Eto’o telah salah mengambil keputusan, karena dengan bergabung ke Anzhi, karier Eto’o akan tenggelam menyusul tipisnya peluang unjuk kebolehan di pentas Eropa.

“Saya pikir, dengan memilih bermain di Rusia, Eto’o telah menandatangani kontrak kematian untuk karier sepakbolanya,” tutur Bell dalam sebuah wawancara dengan Radio Prancis, RFI, Rabu (24/8/2011).

Sungguh, saya merasa, orang-orang di sekelilingnya (Eto’o) tidak membantunya memberikan refleksi yang mendalam,” sambungnya.

Jika Bell melontarkan komentar yang menyayangkan keputusan Eto’o, lain lagi dengan analis sepakbola Kamerun, Ahmed Inza yang mengatakan, striker 30 tahun ini telah mengambil keputusan tepat, karena keputusannya bergabung dengan Anzhi akan sangat berguna untuk hari tuanya. Diketahui, Anzhi kabarnya siap menjadikan Eto’o sebagai pemain dengan gaji tertinggi di dunia, mengungguli Cristiano Ronaldo dan juga Lionel Messi.

“Saya tidak peduli apa yang orang katakan tentang liga Rusia. Yang saya rasakan adalah, Eto’o merasa, sebagai pemain professional dia sudah tidak punya keinginan untuk membuktikan apapun kepada dunia,” sambungnya merujuk pada berbagai sukses yang sempat dikecap Eto’o bersama mantan-mantan klub yang pernah diperkuatnya.

“Saat ini, Eto’o tengah mempersiapkan masa pensiun dan apa yang dilakukannya saat ini sama saja dengan sejumlah pemain top Eropa yang bermain untuk negeri asal Teluk di usia senjanya,” pungkasnya.

Kabar bergabungnya Eto’o ke Anzhi memang hanya tinggal menunggu waktu. Pasalnya, kubu Anzhi beberapa saat lalu telah mengkonfirmasi bahwa mereka telah menjalin kesepakatan dengan pihak Nerazzurri. Eto’o kabarnya akan diperkenalkan secara resmi sebagai pemain Anzhi setelah menjalani tes medis dan tandatangan kontrak yang akan dilakukannya hari ini.

Eto’o kabarnya dikontrak selama tiga tahun dan akan menerima gaji 20 juta euro pertahun yang merupakan rekor pemain dengan bayaran tertinggi di dunia, melebihi gaji Ronaldo di Real Madrid dan Messi di Barcelona.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s