7 Paten Apple Yang Mendefinisikan Steve Jobs

CALIFORNIA – Steve Jobs adalah pria yang hidup dengan penuh ketelitian detail. Ia beserta para stafnya hampir melakukan segalanya secara sempurna. Steve Jobs memiliki total 313 paten dengan namanya, dari Apple III sampai kemasan akrilik iPod. Tapi meski memiliki banyak paten, hanya beberapa saja menjadi ikon Apple.

Seperti yang dilansir dari TechCrunch, Selasa (30/8/2011), berikut adalah daftar dari beberapa paten produk Apple yang melegenda:

All-in-one, Mac 128K
Paten nomor D285,687 bukanlah paten pertama Jobs, tapi paten inilah yang memulai segalanya. Paten ini diklaim merupakan desain dari Macintosh 128k awal. Saat itu paten tersebut tidak membicarakan tentang grafik tampilan muka, hanya berupa desain komputer all-in-one yang simpel.

Blue iMac
Ketika Jobs kembali ke Apple setelah perusahaan bentukkannya, NeXT, dijual pada tahun 1996, ia menghentikan banyak proyek. Lalu pada tahun 1998 Bondi Blue iMac tampil di luar standar PC yang ada saat itu. Perangkat tersebut hadir dengan USB port dan CD-ROM drive. Terjual sebanyak 800 ribu unit dalam waktu 139 hari saja.

Mouse iMac Puck
Tidak semua paten Jobs menghasilkan uang untuk Apple. Paten nomor D418,125 ini merupakan perangkat pengendali kursor. Paten ini banyka disebut sebagai mouse terburuk dalam sejarah komputasi PC. Meski desainnya cukup apik, namun bentuknya tidak sesuai dengan tangan manusia.

iPod
iPod menunjukkan sesuatu yang berbeda. Sebelumnya MP3 player Apple secara teknis diluncurkan telat di pasar MP3 player. Tapi sesuatu yang sangat berbeda ditawarkan oleh iPod. Yang perlu dilakukan pengguna cukup menyambungkan perangkat ke port Firewire dan iTunes akan mengerjakan segalanya. Banyak dari paten Steve Jobs selanjutnya tetap melibatkan desain iPhone, versi sebelum maupun sesudahnya.

Adaptor tenaga listrik
Paten nomor D478,310 yang diluncurkan pada tahun 2001, dan Apple masih menggunakannya untuk Mac sampai hari ini. Adaptor listrik dengan dual-mode ini banyak ditiru oleh banyak pembuat PC Windows.

Banyaknya paten di iPhone
Kesuksesan iPhone tidak bisa lebih baik didemonstrasikan oleh beberapa peniru semenjak produk tersebut diluncurkan pada tahun 2007. Kesuksesan Apple menjual jutaan perangkat ini terlihat melalui dampaknya,; banyak kompetitor berusaha untuk membuat hardware dan software serupa. Paten nomor D558,756, D558,757, dan D580,387 membangun fondasi untuk perlindungan gaya dan tampilan di iPhone.

Tangga Kaca
Apple tidak hanya membuat tablet, ponsel, MP3 player dan PC, karena Steve Jobs dan Apple juga memiliki paten di luar produk-produk gadget. Paten bernomor D478,999 dari tahun 2003 tersebut memperlihatkan desain ornamen yang unik. Apabila Anda berkunjung ke kantor-kantor besar Apple, maka Anda akan melihat tangga unik yang terbuat dari kaca tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s