Akhirnya iPad & iPhone Dukung Flash


CALIFORNIA – Setelah sempat menutup diri dari teknologi Flash milik Adobe, akhirnya perangkat besutan Apple seperti iPhone dan iPad kini bisa memutar video yang berjalan pada Flash.

Adobe telah mengakui bahwa perusahaanya mengumumkan dukungan untuk melayani perangkat Apple dengan video HTML5 standar dari produknya Flash Media Server.

“Versi baru dari Server Adobe Flash Media yang sekarang dapat memberikan teknologi Flash untuk iPhone dan perangkat iPad,” kata Adobe dalam keterangannya, yang dikutip Apple Insider, Senin (12/9/2011).

Memang Apple belum sepenuhnya membuka pintunya dalam mendukung teknologi Flash, karena pada kenyataanya Adobe hanya akan menambahkan kemampuan untuk Flash untuk Flash Media Server dalam melayani video berbasis standar HTML5 di samping video Flash.

“Dengan Adobe Flash Media Server 4,5, penerbit media sekarang memiliki alur kerja tunggal sederhana untuk memberikan konten berbasis Flash untuk produk Apple, iPhone dan iPad,” sebutnya.

Adobe telah sejak menciptakan Flash Player mobile untuk platform lainnya, termasuk Android, tetapi terus memberikan kinerja yang sama, keamanan dan masalah baterai seperti versi desktop . Untungnya, sebagian besar konten Flash hanya video web dan, seperti diakui Jobs satu setengah tahun lalu, sebagian besar sekarang tersedia melalui standar terbuka alternatif.

Seperti diketahui, CEO Apple sejak lama menolak untuk memberikan dukungan Flash pada perangkat besutannya. Menurut Jobs, Adobe tidak mematuhi peraturan yang dibuat agar Flash menggunakan bahasa pemrograman Apple.

Dikatakan kembali oleh Jobs kualitas adalah segalanya. Pasalnya, mereka ingin terus mempertahankan kualitas pada perangkat yang dimilikinya. Malah Jobs ganti menuding Flash, sebagai layanan dengan platform yang tertutup dan eksklusif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s